Skip to main content

Pentingnya Pemasaran Dalam Usaha

Sumber Foto : Kembar.pro

Menurut saya pribadi, ketika mendengar kata pemasaran, merupakan suatu hal yang pasti dilakukan oleh pengusaha, karena disanalah kita akan mempromosikan usaha kita, siapa target pembeli yang kita harapkan, dll.
Saya membaca aspek dalam kewirausahaan usahaan disini.

Dikatakan, aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus kita perhatikan sebelum kita memulai sebuah usaha. Karena nantinya aspek pemasaran tersebut akan menjadi kunci keberhasilan kita dalam menjalankan sebuah usaha.

Ada 4 aspek penting yang perlu kita perhatikan :
1. Segmentasi Pasar
Pada umumnya, demografi, tingkat penghasilan, psikografis, dan kelas sosial menjadi dasar dalam melakukan segmentasi. Dengan melakukan segmentasi pasar, seseorang dapat meraih laba maksimum dan strategi pemasaran akan berjalan dengan lancar.

2. Analisa Pasar dan Peramalan Permintaan
Analisa akan membuat aktivitas pemasaran semakin tepat sasaran. Kita juga dapat memahami seperti apa situasi, jenis produk, keadaan, dan bentuk promosi yang akan kita berikan kepada konsumen.

3. Analisa Pesaing
Analisa ini menjadi penentu posisi produk kita dalam suatu pasar. Pesaing adalah perusahaan yang memproduksi atau memasarkan barang yang serupa atau tak jauh berbeda dengan produk kita. Kenali pesaing potensial dan pesaing umum kita. Kita perlu membuat strategi pemasaran berdasarkan kekuatan serta kelemahan mereka. Dengan hal ini, kita juga bisa melakukan identifikasi terhadap peluang, dan ancaman terhadap usaha kita.

4. Promosi
Promosi adalah upaya dari penjual untuk menawarkan suatu produk kepada pembeli agar melakukan pembelian. Dalam melakukan promosi, kita dapat memberikan informasi secara lengkap mengenai produk, serta menggunakan kata-kata dan aksi persuasif. Kita juga dapat melakukan iklan, personal selling atau pun cara-cara promosi lain.

Semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Nadiem Makarim - GOJEK

Saya telah membaca, bagaimana Bpk. Nadiem Makarim membuat GO-JEK. Saya membacanya disini . Sedikit menceritakan ulang, Pak Nadiem merupakan pengguna setia ojek. Karena menurutnya ojek merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi kemacetan di Jakarta. Karena terlalu sering naik ojek, singkat cerita Pak Nadiem menjadi akrab dengan ojek langganannya. Ojek langganannya bercerita sehari bekerja selama 14 jam biasanya hanya mendapat 4 penumpang. Pak Nadiem merasa prihatin, dan akhirnya mendirikan PT GOJEK. Beliau mendirikan perusahaannya bersama  temannya, Michaelangelo Moran. beliau yang berdiri paling kanan. Hal ini dilandasi pula dengan dalam bisnis ojek biasanya ada istilah 'inefisiensi pasar'. Seringkali saat dibutuhkan tidak ada, tetapi saat tidak dibutuhkan ada. Dulunya, apabila mau memesan GOJEK harus melalui Call Centre. Namun seiring berkembangnya teknologi, GOJEK pun berkembang juga. Cukup memesan melalui aplikasi, driver bisa langsung berko...

Humanity Central Kitchen Memberikan Makanan Gratis Saat Pandemi Corona

"Humanity Food Van untuk mendistribusikan makanan" Sumber foto : Pers Soal UTS Bekasi (30/04/2020) - Humanity Central Kitchen meluncurkan Operasi Makan Gratis bernama Humanity Food Van. Program ini diluncurkan di Sentul, Bogor, Jawa Barat (07/04/2020). Humanity Central Kitchen berupaya untuk terus menguatkan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat selama pandemi corona. 10 armada Humanity Food Van akan beroperasi di wilayah Jabodetabek. Kehadiran program ini menjadi bentuk optimisme ACT dalam menghadapi pandemi Covid-19. Ahyudin (Ketua Dewan Pembina ACT) menyampaikan, "Yang harus selalu kita ingat adalah Covid-19 adalah sebuah musibah dari Allah yang Maha Baik, maka akan hadir juga kebaikan. Bangsa ini adalah bangsa yang baik. Salah satu bukti kebaikan bangsa ini adalah kemampuan solidaritas dan kemampuan saling tolong-menolong. Kebaikan ini kemudian kami narasikan melalui gerakan Indonesia Dermawan. Di tengah wabah ini, rasa syuku...

Sumber - Sumber Bisnis

Sumber foto : anakdagang Halo semua apakar?? Dalam kesempatakan kali ini, saya akan memberitahu kalian, bagaimana cara menemukan ide bisnis. Tanpa kita sadari, ide bisnis itu ada di sekeliling kita. Oleh karena itu, langsung kita pelajari bersama. Berikut sumber-sumber ide bisnis : 1. Hobi Bicara soal hobi, hobi merupakan sesuatu yang pastinya kita sukai. Misalkan kita memiliki hobi berolahraga. Nahh.. mungkin darisana bisa aja kita membuat kursus olahraga, seperti sepakbola, atau bulutangkis. Kita suka bermain musik, bisa kita membuka kursus les piano atau gitar. Bahkan bermain game sekalipun, kita bisa membuatnya menjadi suatu bisnis. Seperti joki menaikan rank atau menaikan level. Sangat banyak peluang bisnis dari hobi kita. 2. Jasa Yang Diperlukan Saya pernah sesekali menerima pertanyaan "Co, kamu bisa bantu bikinin video untuk perayaan Natal ?" Kebetulan saya memang bisa mengoperasikan kamera, dan mengedit video. Hal seperti ini juga bisa kita jadikan s...