Skip to main content

Analisa Kelayakan Bisnis dan Investasi

Sumber foto : KajianPustaka

Kemarin kita telah membahas, bagaimana memanajemen keuangan kita dalam usaha kita. Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas Analisa Kelayakan Bisnis/Investasi.

Pertama-tama, definisi Analisa Kelayakan Bisnis adalah suatu kegiatan yang mempelajari secara mendalam tentang suatu usaha atau bisnis yang akan dijalankan, dalam rangka menentukan layak atau tidak usaha tersebut dijalankan.

Adapun tujuan dari menganalisa kelayakan bisnis diantaranya :
- Menghindari Kerugian, untuk meminimalkan risiko yang dapat dikendalikan maupun yang tidak dapat dikendalikan.
- Mempermudah Perencanaan, perencanaan itu sendiri meliputi jumlah modal, waktu pelaksanaan, lokasi, cara pelaksanaan, besarnya keuntungan serta keuntungan serta bagaimana pengawasan bila terjadi penyimpangan.
- Memudahkan Pelaksanaan Pekerjaan, proses bisnis dapat dilakukan secara tersusun sehingga para karyawan dapat memiliki pedoman dan tetap fokus pada tujuan, sehingga rencana bisnis dapat tercapai.
- Memudahkan Pengawasan, hal ini dilakukan, agar jalannya usaha tetap pada jalur dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.
- Memudahkan Pengendalian, apabila terjadi penyimpangan dapat langsung diatasi sehingga tidak terlalu jauh penyimpangannya.


KRITERIA INVESTASI

Selanjutnya perlu kita perhatikan kriteria Investasi,
1. Payback Period, metode evaluasi kelayakan suatu investasi dengan mencari periode yang diperlukan untuk mengembalikan jumlah investasi yang telah dikeluarkan berdasarkan arus kas yang diharapkan dari investasi yang didanai. Tujuannya adalah untuk mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan agar investasi mencapai kondisi pulang pokok.

2. Benefit Cost Ratio, pada dasarnya kelayakan investasi ini lebih menekankan kepada benefit (manfaat) dan perngorbanan (biaya/ cost) suatu investasi, bisa berupa usaha, atau proyek. Pada umumnya jenis invetasi yang sering digunakan adalah proyek-proyek pemerintah dimana benefitnya jenis benefit langsung, manfaatnya akan terasa langsung pada masyarakat banyak.

3. Net Present Value (NPV), perbedaan antara nilai sekarang dari arus kas yang masuk dan nilai sekarang dari arus kas keluar pada sebuah waktu periode. NPV biasa digunakan untuk alokasi modal untuk menganalisa keuntungan dalam sebuah proyek yang akan dilaksanakan.

4. Internal Rate of Return, indikator tingkat efisiensi dari suatu investasi. Suatu proyek/investasi dapat dilakukan apabila rate of return lebih besar daripada laju pengembalian apabila melakukan investasi di tempat lain (bunga deposito bank, reksadana dan lain-lain).


CONTOH KASUS

Kali ini saya juga akan memberikan contoh kasus perhitungan investasi dengan NPV,
Manajemen Perusahaan ABC ingin membeli mesin produksi untuk meningkatkan jumlah produksi produknya. Harga mesin produksi yang baru tersebut adalah Rp150 juta dengan suku bunga pinjaman sebesar 12% per tahun. Arus kas yang masuk diestimasikan sekitar Rp50 juta per tahun selama lima tahun.
Pertanyaannya, apakah rencana investasi pembelian mesin produksi ini dapat dilanjutkan?

Penyelesaian :
Ct = Rp. 50 juta
C0 = Rp. 150 juta
r = 12% (0,12)

Jawaban :
NPV = (C1/1+r) + (C2/(1+r)2) + (C3/(1+r)3) + (C3/(1+r)4) + (Ct/(1+r)t) – C0
NPV = ((50/1+0,12) + (50/1+0,12)2 + (50/1+0,12)3 + (50/1+0,12)4 + (50/1+0,12)5) – 150
NPV = (44,64 + 39,86 + 35,59 + 31,78 + 28,37) – 150
NPV = 180,24 – 150
NPV = 30,24

Jadi nilai NPV adalah Rp30,24 juta

Bila kurang jelas, berikut video penjelasan yang saya buat, agar anda lebih dapat memahaminya,


Semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Bussiness Model Canvas

Sumber foto : fiverr Dalam kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan apa itu Bussiness Model Canvas. Bussiness Model Canvas adalah sebuah strategi dalam manajemen yang berupa visual chart yang terdiri dari 9 elemen untuk membantu perencanaan bisnis sebelum dibentuk. Alexander Osterwalder dalam bukunya yang berjudul Business Model Generation, pertama kali memperkenalkan Bussiness Model Canvas. Ia mencoba menyampaikan sebuah kerangka sederhana untuk mempresentasikan elemen-elemen penting yang terdapat dalam sebuah model bisnis. Ada sebagian orang yang menganggap bahwa Bussiness Model Canvas ini merupakan suatu hal yang penting, karena dengan sembilan elemennya, sebenarnya kita sudah bisa mengetahui apakah ide bisnis itu berpotensi atau tidak. Adapun kesembilan elemen tersebut yaitu : 1. Customer Segements Disini kita perlu menentukan target pelanggan kita. Apakah target kita untuk anak muda, pembisnis, pengusaha, dll. 2. Value Proposition Dalam elemen ini,...

Dampak Virus Corona Terhadap Mall di Jakarta

Virus Corona berdampak bagi beberapa mall di Jakarta. Tidak hanya harus meningkatkan sistem keamanan, dari sisi pengunjung, jumlahnya kian hari kian berkurang. Menurut salah satu pengunjung, ia mau lebih membatasi keluar rumah demi menghindari virus corona. "Dengan adanya virus corona, membuat saya semakin waspada, karna menurut saya mall salah satu tempat yang bisa menjadi penyebaran terbesar virus corona. Saya ke mall kalo mau beli sesuatu aja sih." ujar Nathanael, Mahasiswa, Selasa (17/03/2020). Salah satu petugas juga mengatakan semenjak bertambahnya virus corona, jumlah pengunjung kian hari kian berkurang. "Sekarang rada sepi. Biasanya kalo weekend mobil rame, tutup bisa jam  23.00-23.30 . Semenjak virus corona, biasanya jam 22.00 udah tutup." David.T.S, Petugas Mall, Selasa (17/03/2020). Namun sejauh ini Mall tetap beroperasi seperti biasa. BACA JUGA :  Upaya Mall di Jakarta Mencegah Virus Corona

Bernegosiasi di Era Industri Saat Ini Bagi Seorang PR

Sumber foto : Instagram HMJ PR Esa Unggul Jakarta (13/07/2020) – Di era saat ini sangat banyak tantangan dalam berbisnis, salah satunya soal negosiasi bagi seorang Public Relations . HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Public Relations Universias Esa Unggul baru saja mengadakan webinar yang berjudul “ Public Relations Competency and Challenges In Communication Industry ”, yang diselenggarakan pada senin, 13 juli 2020 melalui aplikasi teleconference, Zoom. Webinar kali ini juga mendatangkan beberapa narasumber diantaranya, Donny Hermawan, M.Si, MPM ( Head of PR, CSR and Digital Social Media PT. Krama Yudha Tiga Berlian); Hendri Andrariladchi, S.Ikom ( Student off Master Program In International Graduate School Chulalongkorn University, Thailand); Erna Febriani , S.Si, M.Si ( Lecturer Faculty of Communication Science Universitas Esa Unggul); Vidiyama Sonekh (Founder & Chief Executive Officer PT. Foiniks); dan Sigit Nugroho, S.Ikom (Humas LLDIKTI Wilayah III Kementrian Pend...